Sekolah Remaja (SR) adalah program dari Kampung Halaman berkolaborasi dengan para remaja ‘berkawan’ dengan sekitar’. Berkawan dengan sekitar berarti mengamati, mencari tahu dan menganalisa hal-hal yang terjadi dalam keseharian mereka melalui riset partisipatif yang terencana dengan baik. SR mengajak remaja di komunitasnya, sebagai kawan belajar untuk melakukan pendokumentasian tentang potensi yang ada di sekitarnya dengan cara yang kreatif, seperti melakukan transek, survei rumah tangga, hingga pemetaan QGIS. Remaja juga diajak untuk menyusun dan menjalankan rekomendasi aksi berdasarkan analisis kebutuhan dari data yang mereka dapatkan.

Melalui rekomendasi aksi yang dilakukan, harapannya remaja berpeluang untuk aktif berdaya di
lingkungannya masing-masing. Guna meningkatkan partisipasi remaja dalam pembangunan desanya, mereka juga membutuhkan dukungan maupun peran aktif dari pemangku kepentingan terkait, baik itu di level desa maupun hingga kabupaten.

Kegiatan Forum Sekolah Remaja digagas dengan tujuan untuk membagikan hasil pembelajaran,
tantangan dan memperoleh masukan dari berbagai pemangku kepentingan sebagai bagian dari
penyusunan rencana aksi lanjut di masing-masing lokasi SR. Kegiatan ini juga bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan, kapasitas dan jaringan dari peserta SR terkait. Selain itu, Forum Sekolah Remaja juga menjadi titik awal untuk meningkatkan peluang kemitraan antara komunitas peserta SR dengan pemerintah lokal maupun pemangku kepentingan terkait.

Forum Sekolah Remaja 2018 diselenggarakan pada:
Tempat: Aula Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara
Tanggal: 24 – 26 Juli 2018

Forum Sekolah Remaja 2018 terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara, Dispora Kutai Kartanegra, dan Kukar Kreatif.

Phasellus tempus Sed ut vulputate, sem,Bioskop Kampung Halaman @ JMR 2018Dinamika diskusi dalam proses Rembuk Remaja di Bandung