Jalan Remaja 1208 adalah program yang diprakarsai oleh Yayasan Kampung Halaman untuk menyuarakan sikap dan cara pandang komunitas remaja Indonesia tentang diri dan lingkungannya ke publik melalui media. Kegiatan ini merupakan refleksi remaja Indonesia di Hari Remaja Internasional (International Youth Day) yang diperingati pada setiap tanggal 12 Agustus (1208) di seluruh dunia. Pembuatan video diary ini menantang kreativitas remaja untuk berpendapat, berdiskusi, dan memanfaatkan potensinya guna menawarkan solusi atas persoalan yang dihadapi. Sampai dengan tahun 2016, Jalan Remaja telah mengumpulkan lebih dari 208 video diary yang dibuat oleh 1249 remaja di 166 komunitas (dari total 510 komunitas dalam database komunitas Kampung Halaman) dan diputarkan di 391 titik pemutaran di seluruh Indonesia. Jumlah penonton rata-rata pada tiap pemutaran dan diskusi kurang lebih 30 orang yang terdiri dari remaja, masyarakat setempat dan aparatur desa.

Tema JR1208 Tahun 2017 : TERASING Pada 22-23 April 2017, Yayasan Kampung Halaman (KH) menyelenggarakan acara bertajuk Rembuk Remaja (RR) se-Jawa. Kampung Halaman mencatat beberapa hal yang dialami oleh remaja, komunitas, dan lingkungan sekitarnya. Salah satunya ialah rendahnya kepedulian dari orang tua untuk mendukung aktivitas remaja di komunitas. Upaya dari remaja dan komunitas untuk menjelaskan nilai positifnya aktivitas mereka pun kerap dihiraukan oleh orang tua. Selepas RR, temuan ini digali lebih jauh oleh kawan-kawan KH. Menyebarnya hoax, fenomena stress di kalangan remaja, pesatnya penggunaan internet di kalangan remaja, hashtag #Proud2BeDifferent, dan lain sebagainya, rupanya berkaitan dengan temuan RR. Kami pun menemukan benang merah dari semua ini, yaitu kata ‘terasing’. Akan tetapi, kata ‘terasing’ ini dalam kehidupan remaja masih perlu ditelusuri untuk melihat lebih jauh peranannya. Oleh karena itu, upaya ini penting untuk diawali dari bagaimana kawan-kawan remaja memandang keterasingan tersebut dalam keseharian. Untuk itulah #Terasing kami angkat sebagai tema JR1208 tahun ini. Harapannya, teman-teman bisa turut merefleksikannya serta mengambil sikap yang tepat terhadap ‘keterasingan’.

Syarat dan Ketentuan Peserta

  • Karya sesuai dengan tema Jalan Remaja 1208 (2017)
  • Tim Produksi adalah remaja usia 14-24 tahun
  • Setiap komunitas berkesempatan mengirimkan maksimal 2 video
  • Peserta wajib mengirimkan formulir ke jr1208@kampunghalaman.org
  • Video diterima oleh Yayasan Kampung Halaman selambat-lambatnya pada tanggal 9 Juli 2017

Ketentuan Teknis karya

  • Format audio Mono dan Stereo
  • Durasi untuk Video Diary 5 – 15 menit termasuk credit title
  • Durasi Vlog Content 5 – 10 menit termasuk credit title
  • Setiap video yang diproduksi wajib melampirkan logo Yayasan Kampung Halaman, Jalan Remaja 1208, dan logo komunitas (bila ada)
  • Format ekstensi file karya yang diterima adalah [.mp4] atau [.mov]

Mekanisme Pendaftaran

  1. Isi formulir yang telah dilampirkan. Lengkapi formulir dengan menyertakan/melampirkan:
    1. Logo dalam format ekstensi [.png]
    2. Foto Komunitas minimal tiga (3) buah
    3. Profil komunitas maksimal satu (1) paragraf

Kirimkan formulir melalui email jr1208@kampunghalaman.org dengan judul email “Pendaftaran Karya Video JR1208 – [Nama Komunitas]”

  1. Karya yang telah diproduksi dapat dikirim dengan cara :
  • Mengirimkan karya dalam bentuk DVD Data dan ditujukan ke alamat kantor KH (tercatat dalam kop surat ini) a/n Nur Wucha Wulandari (JR1208) atau dapat pula diantar langsung ke kantor KH.
  • Mengirimkan karya dalam format file yang disimpan dalam flash disk. Flash disk yang dikirim ke panitia akan dikirim kembali beserta paket film kompilasi Jalan Remaja 1208 tahun 2017 sebagai pelengkap terlaksananya Bioskop Remaja di komunitas masing-masing
  • Jika waktu tidak memungkinkan mengirim via Pos, bisa dikirim via Google Drive/Dropbox dan ditujukan ke jr1208@kampunghalaman.org bersamaan dengan formulir.
  1. Seluruh biaya dan proses pengiriman materi film yang didaftarkan ke Jalan Remaja 1208 merupakan tanggung jawab pendaftar.
  2. Karya yang telah diproduksi akan menjadi bagian dari Kompilasi Video program Jalan Remaja 1208 tahun 2017.
  3. Dari 30 karya akan dipilih 1 karya untuk mendapatkan penghargaan dari Yayasan Kampung Halaman.
  4. Karya yang terpilih akan diumumkan setelah acara peringatan hari Remaja Internasional 12 Agustus 2017.

DOWNLOAD FORMULIR DAN PANDUAN JALAN REMAJA 1208 

PANDUAN DAN FORMULIR SAHABAT PRODUKSI JALAN REMAJA 1208

dolor efficitur. quis, venenatis risus. nunc libero. ut